Honda Mobilio yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show bulan September 2013 yang lalu seakan mengobati kerinduan publik akan hadirnya sebuah kendaraan keluarga serbaguna yang tangguh, praktis, stylish serta aman dan nyaman karena dilengkapi sejumlah feature berteknologi terkini untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan bagi seluruh penumpangnya. Lebih lagi, mobil ini juga sangat ekonomis karena sangat irit dalm mengkonsumsi bahan bakar serta harganya yang sangat terjangkau.
Honda Prospect Motor selaku distributor resmi dari line up roda empat keluaran manufaktur berlambang H ini memang menargetkan pangsa pasar dari kalangan menengah untuk calon ujung tombak terbaru mereka ini. Pembelian secara kredit untuk Honda Mobilio mulai dari type S manual yang merupakan tipe standar, E MT dan E CVT yang menjadi variant menengah hingga kelas tertingginya yang diberi nama Prestige dan RS yang dipastikan berada dibawah kisaran harga 200 juta Rupiah semakin mudah.
Tentu saja nilai diatas sangat sebanding dan realistis dengan kualitas yang ditawarkan dalam multi purpose vehicle 7 seater ini. Desain yang sporty dengan nuansa futuristik menjadi pembuka sempurna dari keunggulan mobil ini. Tampilan eksterior memang sangat memikat mata siapa saja yang melihatnya dengan bentuk aerodinamis yang mengalir harmoni mulai dari front facia hingga bagian buritan kendaraan.
Konsep mobil mengambil tema dual solid motion yang mengekspresikan dua bentuk desain yang kokoh sekaligus elegan. Mobil ini memiliki alur dinamis disetiap sisi bodinya, setiap sudut dipoles dengan lengkungan manis yang memberikan siluet sempurna pada tubuhnya dengan menghilangkan bentuk boxy layaknya yang terdapat pada MPV konvensional.
Setiap detail juga diperhatikan dengan seksama seperti grill depan yang besar vdan tampak menyatu dengan headlamp, bentuk kaca asimetris yang unik dan memberikan visibilitas yang lebih baik, spion dengan LED lamp, tail gate spoiler, rear combination lamp hingga bumper depan dan belakang dengan model yang agresif dan menyiratkan energi tinggi.
Dari sisi interior, penumpang akan disuguhi kesan yang cozy dan comfort. Ruang kabin yang luas serta tata letak setiap kursi secara ergonomis memberikan kenyamanan yang maksimal saat berkendara. Dominasi warna beige yang disematkan pada bahan fabric untuk pelapis jok, trim hingga dashboard menghadirkan nuansa kemewahan yang kuat.
Sedangkan dasbor diberi kelir hitam dengan sentuhan chrome yang berkelas pada beberapa bagian. Kenyaman lebih terjaga berkat adanya AC Double Blower yang siap menyalurkan udara sejuk kesetiap bagian kabin. Interior yang luxurious sekaligus comfortable ini semakin mewujudkan kerinduan masyarakat akan hadirnya LMPV yang mewah namun berharga terjangkau.
Pada sector dapur pacu, mobil ini dibekali dengan mesin 1,5 L iVTEC seperti yang tertanam pada MPV Freed. Jantung ini mampu dipacu hingga 118 ps pada putaran mesin 6.600 serta torsi diangka 14,4NM per 4.800. tenaga tersebut hanya berbeda tipis dengan saudaranya mobil Honda Jazz terbaru. Seluruh tipe dari Mobilio telah dibekali dengan dual SRS Airbags, Pretensioner dan Load Limiter Seatbelt serta struktur body G CON plus ACE yang kokoh dan solid.
Tak berlebihan rasanya bila Honda Prospect Motor menaruh harapan serta target tinggi untuk calon andalan terbarunya tersebut. Dari data pada saat melakukan world premiere di IIMS 20113 yang lalu saja, tercatat telah lebih dari 2000 konsumen yang menandatangani surat pemesanan kendaraan untuk MPV idaman mereka itu.
Tak tanggung tanggung, HPM menargetkan penjualan hingga 80.000 unit untuk MPV murah mereka ini pada tahun 2014 mendatang. Pabrikan tersebut pun siap untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk mobil buatan dalam negeri tersebut melalui pabrik perakitan mereka yang terletak di Karawang, Jawa Barat.
Honda Mobilio pun siap untuk bersaing disegment paling prestisius dalam industry otomotif nasinal yakni kelas kendaraan keluarga menengah yang telah dihuni oleh beberapa nama besar seperti duo Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina maupun Chevrolet Spin. Untuk tahun pertamanya saja, HPM memprediksi bila LMPV mereka ini akan mampu meraih pangsa pasar hingga 20 persen.