Raksasa otomotif asal negeri sakura kembali akan melakukan investasi guna mengembangkan bisnis mereka di Indonesia. Hal ini telah diutarakan oleh Masahiro Nonami, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia bertitik tolak pada permintaan yang begitu tinggi serta menghadapi persaingan diantara produsen dalam menjelang tahun 2014.
Sejaun ini belum diketahui pasti jumlah investasi yang akan dikucurkan oleh Toyota Group untuk PT Toyota Astra Motor namun seperti sebelumnya, investasi ini tentu saja bertujuan untuk mengembangkan serta penambahan lahan produksi dan lokalisasi komponen, serta membangun industri otomotif di Indonesia yang ke depannya menjadi perusahaan berbasis ekspor.
Toyota yang sudah 42 tahun beroperasi di Indonesia tentu saja telah melewati masa-masa sulit, namun semua itu dapat dilalui karena brand yang satu ini memiliki fundasi yang kuat serta produknya sudah dikenal luas oleh semua kalangan. Berbagai upayapun sudah dilakukan dan masa sulit ini telah berbuah emas karena beberapa produknya secara berturut-turut mendominasi bursa otomotif nasional seperti pada kelas Low MPV yang dikuasai oleh Avanza yang kini harus bersaing ketat dengan Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan juga pendatang baru Honda Mobilio.
Melalui TAM, Toyota bukan saja sebuah brand yang hanya dikenal diwilayah perkotaan saja, namun semua produknya telah dikenal hingga seantero nusantara dan hal ini terbukti dari banyaknya mobil Avanza yang juga digunakan didaerah-daerah sebagai armada travel dalam memenuhi kebutuhan akan alat transportasi masyarakat Indonesia. Salut deh buat Toyota!